Mesin Tanam Padi

Tentang Mesin Tanam Padi Indo Jarwo Dan Keunggulannya

Diposting pada

Mesin tanam padi dengan prinsip sistem tanam Jajar legoWo atau Jarwo yang direkomendasikan oleh badan litbang pertanian adalah berfungsi untuk meningkatkan populasi tanaman dengan pengatur jarak tanam, sehingga pertanaman memiliki barisan tanaman yang diselingi oleh barisan kosong dimana jarak tanam pada barisan pinggirannya setengah kali jarak tanam atau barisan.

Mesin tanam padi dengan tanam jajar legowo, sistem tanamnya adalah 20 40 jadi dua sebelah kiri dan dua sebelah kanan dengan jarak 20 antar tanaman dan 40 di legowonya.

Hasil Mesin Tanam Padi

Keuntungan Mesin Tanam Padi Indo Jarwo

Sistem jarwo mampu meningkatkan produktivitas secara signifikan dan ada 5 keuntungannya yaitu :

  1. Sistem Jarwo menambah jumlah populasi tanaman padi, kurang lebih 30%
  2. Adanya barisan kosong mempermudah pelaksanaan pemeliharaan, pemupukan dan pengendalian hama penyakit tanaman
  3. Dengan adanya lahan terbuka kelembaban lebih rendah sehingga mengurangi penyakit dan hama tikus.
  4. Menghemat pupuk
  5. Intensitas sinar matahari lebih merata sehingga proses metabolisme terutama fotosintesis lebih optimal.

Ada beberapa tipe sistem tanam Jarwo, tapi badan Litbang pertanian merekomendasikan Jarwo 2 banding 1 dan Jarwo 4 banding 1 yang ideal untuk pertanian di Indonesia.

Sistem Mesin Tanam Padi

Jarwo 2 banding 1 adalah cara tanam padi dimana setiap dua baris tanaman diselingi oleh satu barisan kosong yang memiliki jarak 2 kali dari jarak tanaman antar baris, sedangkan jarak tanaman dalam barisan adalah setengah kali jarak tanaman antar barisan.

Jarwo 4 banding 1 adalah cara tanam padi di mana setiap 4 baris tanaman diselingi oleh satu barisan kosong yang memiliki jarak 2 kali dari jarak tanaman antar barisan.

Keistimewaan mesin ini adalah mampu menanam dengan jumlah bibit perhektar atau area lebih banyak karena jarak tanam di dalam baris di rancang menjadi lebih rapat 10 cm di dalam barisnya dan antar baris nya 20 cm, sehingga 1 hektar bisa berkisar Rp. 300.000.

Dan kelebihan yang lainnya adalah biaya tanamnya menjadi lebih murah perhektar. Karena dengan sistem tanam seperti ini ongkos tanam perhektar bisa lebih rendah dibanding ongkos tanam manual.

Baca Juga : Harga Mesin Perontok Padi Terbaru Tahun Ini

Tentang kapasitas kerjanya dalam 1 hektar cukup diselesaikan oleh dua operator dengan waktu maksimum sekitar 6 jam, jadi antara 5 sampai 6 jam per hektar. Jadi kalau kerja 1 hari diharapkan bisa menyelesaikan 1,5 hektar.

Disemua wilayah BPTP sistem tanam jajar sistem Jarwo telah terbukti mampu meningkatkan produksi padi secara signifikan. Dan disemua wilayah bptp sistem tanam jajar legowo meningkat sebesar 13,83% dibanding metode tanam tegel.

Badan litbang pertanian dengan organnya balai besar pengembangan mekanisasi pertanian atau BBP mektan menghasilkan inovasi mesin tanam padi indo jarwo transplanter yang efektif dan efisien menyempurnakan implementasi. Sistem Jarwo dalam perannya meningkatkan produktivitas beras nasional dengan biaya produksi yang lebih murah.

Berbagai inovasi teknologi pengembangan produk pertanian yang dihasilkan badan Litbang pertanian sebagai wujud pengabdian guna mewujudkan pembangunan sistem pertanian industrial untuk meningkatkan kemandirian pangan, nilai tambah, daya saing, ekspor produk pertanian yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Source : https://www.youtube.com/watch?v=i8L9F54SlXI

Summary
Review Date
Reviewed Item
Lebih efisien dan praktis jika menggunakan mesin tanam padi
Author Rating
51star1star1star1star1star

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *